Disnaker Terus Awasi Penerapan UMP

Peliput: Gustam
BAUBAU, BP- Pasca terbitnya surat edaran penetapan Upah Minimun Provinsi (UMP) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2019 kemarin, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Baubau terus melakukan pengawasan untuk memastikan semua badan usaha menerapkan UMP.

Diposting April 4,2019 in Berita & Politik.

Fauzan 2007
35 Teman 43 Orang membaca ini

Meskipun masih ada beberapa badan usaha yang belum menerapkan UMP, Disnaker Kota Baubau masih membijaksanainya dengan alasan penghasilan badan usaha tersebut masih terbilang kecil dan belum mampu menggaji karyawannya dengan standar UMP.

Menutut Kepada Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Disnaker Kota Baubau Wa Ode Asma, penerapan UMP merupakan intruksi kontitusi, untuk itu semua badan usaha seharusnya taat pada konstitusi tersebut.

Kalau kita merujuk pada UU itu, ketika perusahaan berdiri harus menerapkan UMP, artinya harus sesuai aturan, kata Wa Ode Asma kepada Baubau Post di kantornya, kamis (25/04).

Dalam pengawasannya, jelas Wa Ode Asma, disnaker terus melakukan pembinaan kepada badan usaha. Kami memang sering ke lapangan, terus kita lakukan pembinaan, termasuk mengenai BPJS Tenaga Kerjanya, jelasnya.

Wa Ode Asma berharap, semua badan usaha di Kota Baubau bisa menerapkan UMP. Sehingga tingkat kesehateraan tenaga kerja lebih baik. Dikatakannya, badan usaha wajib memberikan gaji yang sesuai karyawannya.

Kalau ada perusahaan yang belum menerapkan (UMP-red) itu kita kasih pembinaan, karena itu hak tenaga kerja. Karena majunya perusahaan itu dari mereka (tenaga kerja-red) juga, pungkasnya. (*)

Tandai: UMP,
Fauzan 2007 Artikel

Baca lebih lanjut.

Ekonomi & Perdagangan
June 6, 2019 | 122 Orang membaca ini

Hiburan
July 7, 2019 | 34 Orang membaca ini

Berita & Politik
April 4, 2019 | 58 Orang membaca ini

Pendidikan
April 4, 2019 | 112 Orang membaca ini

Gaya Hidup
April 4, 2019 | 116 Orang membaca ini