Penyakit Jenuh?

Jumat, 26 April 2019
Apakah anda pernah mengalaminya?

Diposting April 4,2019 in Pendidikan.

xhadi Shs
35 Teman 141 Orang membaca ini

Sering kali kejenuhan melanda pada diri kita. Perasaan yang satu ini, sering kali dikaitkan dengan perasaan bosan terhadap sesuatu hal yang terus-menerus dilakukan secara berulang-ulang.

Ketika 'penyakit' ini sudah menghinggapi diri kita, alhasil aktivitas yang selama ini dilakukan secara kontinu akan menjadi sia-sia belaka. Kita tidak ingin lagi melakukan apa yang semestinya biasa kita lakukan. Padahal, bisa saja dengan melakukannya secara terus-menerus berulang-ulang, akan berdampak positif dan menjadi buah yang siap kita petik pada akhirnya.

'Penyakit jenuh' ini memang tidak dipungkiri dapat menghinggapi siapa saja. Termasuk saya, atau Anda! Terutama dalam sebuah pekerjaan. Ketika apa yang dikerjakan tersebut dilakukan berulang-ulang, bahkan tidak ada sama sekali perbedaan dengan kebiasaan, kemungkinan besar titik jenuh yang semula kecil, akan dengan sendirinya membesar dan mengakibatkan kebosanan dalam melakukan aktivitas yang serupa. Padahal hal tersebut sangat bertolak-belakang dengan dunia pekerjaan yang sudah pastinya akan selalu dihadapkan hal semacam demikian. Sebagai contoh, seorang pegawai yang bekerja di bidang akuntansi. Sudah pasti sehari-harinya akan dihadapkan pada hal yang berbau akuntansi. Demikian juga yang lainnya.

Memang adakalanya seorang pegawai perlu penyegaran (refresh). Dan di sini, para menejer perusahaan perlu meluangkan waktu untuk hal demikian. Memberikan libur atau cuti sewaktu-waktu untuk sekedar 'refresh' pada para pegawai di kantornya. Kesemuanya bertujuan agar para pegawainya tidak jenuh dihadapkan pada situasi kerjaan yang itu-itu saja dilakukan dalam kesehariannya. Mungkin inilah salah satu pencegah seorang pegawai dari atasannya dalam menghadapi kejenuhan dalam pekerjaan.

Kejenuhan tidak saja melanda pada para pekerja di salah satu perusahaan ataupun lembaga. Kejenuhan juga dapa dialami oleh para ibu rumahtangga dalam kesehariannya. Dari mulai mencuci baju, menyetrika, mencuci piring, beres-beres rumah, yang dilakukannya setiap hari-harinya, dapat juga menyebabkan kejenuhan pada para ibu rumahtangga di rumah. Karena sang ibu rumahtangga selalu dihadapkan pada hal-hal semacam demikian pada keseharian. Tidak dapat dipungkiri, sang suami di rumah juga akan merasakan hal demikian. Tetap butuh 'refresh'! Dengan berjalan-jalan, 'shoping', makan di luar, nonton bioskop, dan lain sebaginya. Semua itu akan berpengaruh besar dalam menghilangkan kejenuhan dan membangkitkan kembali semangat semangat yang sempat hilang akibat telah mencapai titik kebosanan dalam melakukan aktivitas yang selama ini dilakukan. Memang 'refresh' sangat diperlukan! Laksana obat yang dapat menyembuhkan suatu penyakit yang mulai menjangkit. Sekedar pencegahan! Cukup simpel bukan? Hanya sekedar meluangkan waktu meninggalkan segala aktivitas sementara untuk membangkitkan kembali 'power' guna menghadapi aktivitas lainnya yang lebih rumit ke depan.

Menghadapi pekerjaan atau aktivitas, memang tidak untuk dipaksakan. Banyak orang yang memilih undur diri dari pekerjaan karena merasa jenuh. Mereka memilih untuk mencoba pekerjaan lainnya. Kesemuanya itu adalah usaha dalam menghindar dari kejenuhan dalam bekerja. Walau sebagian besar seseorang memilih mengundurkan diri dari kerjaan bukan karena hal demikian. Mungkin faktor penghasilan yang kurang, faktor kenyamanan, atau faktor lainnya. Dan kejenuhan inilah salah satu faktor yang membuat seseorang meninggalkan pekerjaan. Namun, apakah ini solusi yang tepat untuk kita meninggalkan pekerjaan?

Cobalah 'senangi' pekerjaan atau berusaha menyukai pekerjaan tersebut. Nikmatilah proses yang terjadi. Di saat kita mengalami jenuh pada pekerjaan tersebut, usahakan untuk 'refresh'. Sekedar menyegarkan diri. Agar dapat membangkitkan kembali semangat pada diri kita untuk menghadapi pekerjaan tersebut. Dan jangan lupa, banyak-banyaklah bersyukur dengan sekecil apapun penghasilan yang kita peroleh selama ini dari pekerjaan. Pasti! Kedepan akan kita temukan kesuksesan.

Semoga bermanfaat!

Salam sukses!!!

Sumber Ilustrasi : IDN Times

Tandai: Jenuh, sukses,
xhadi Shs Artikel

Baca lebih lanjut.

Rakyat & Bangsa
April 4, 2019 | 49 Orang membaca ini

Gaya Hidup
April 4, 2019 | 21 Orang membaca ini

Other
April 4, 2019 | 121 Orang membaca ini

Pendidikan
April 4, 2019 | 54 Orang membaca ini

Pendidikan
April 4, 2019 | 107 Orang membaca ini