Gakkumdu Periksa Dua Saksi Dugaan Money Politik

Peliput : Amirul

BATAUGA,BP- Tim Gakkumdu terus melakukan pendalaman dua kasus dugaan money politik yang menyeret Caleg DPR RI dari Partai Demokrat Umar Arsal dan Caleg DPRD Provinsi Sultra dari Partai Amanat Nasional (PAN) Ir H Abdul Mansur Amila.

Diposting April 4,2019 in Berita & Politik.

Fauzan 2007
35 Teman 27 Orang membaca ini

Ketua Bawaslu Buton Selatan Mahyudin mengatakan, Gakkumdu hingga saat ini terus melakukan klarifikasi guna mendapatkan titik terang guna memasuki tahap selunjutnya. Dari dua kasus tersebut Gakkumdu telah memeriksa dua saksi.

Inisial MA (60) saksi yang diperiksa untuk pelaku inisial LAS yang ditangkap oleh tim gabungan Polres Buton, Polsek Batauga dan Tim Gakkumdu beberapa waktu lalu, hingga menyeret nama Caleg DPRD Provinsi dari PAN Abdul Mansur Amila.

Sementara saksi berinisial LHS (60) untuk pelaku MB berstatus ASN Kabupaten Buton yang menyeret nama Caleg DPR RI dari Demokrat Umar Arsal.

Dua saksi kita sudah panggil semua untuk melakukan pembuktian, ucap Mahydin saat ditemui belum lama ini.

Lanjutnya, penangkapan pelaku LAS dan MB dengan kasus dugaan money politik itu saat ini masih tahap penelusuran dan klarifikasi lebih dalam, apakah nantinya masuk unsur pelanggaran pidana atau unsur pelanggaran pemilu lainnya.

Kalau unsurnya pidana, unsur-unsurnya harus terpenuhi setiap pasalnya, misalnya apakah dia pelaksana kampanye, apakah dia tim kampanye, apakah dia petugas kampanye, tuturnya.

Menurutnya, kedua kasus itu bukan ditangkap pada hari pemungutan tetapi ditangkap oleh Tim Gakkumdu bersama Polres Buton dan Polsek Batauga pada minggu tenang kampanye dan saat itu pelaku sedang dalam pendistribusian money politiknya.

Jadi ini sebenarnya langkah-langkah pencegahan oleh Gakkumdu, tetapi jika terbukti ada unsur pidananya berarti istilah ada unsur ikatan berantai, misalnya ada yang suruh. kami juga bersyukur bersama pihak Gakkumdu telah mencegah money politik yang seharusnya sudah disebar dimasyarakat, ucapnya.

Saat ditanya apakah ada informasi bahwa MB ini disuruh melakukan money politik oleh si Caleg, kata Mahyudin hal itu masih dalam penulusuran terus lebih dalam, hasilnya nantinya bersama Gakkumdu.

Dengan tinggal waktu seminggu tahap pertama pendalam kasus tersebut, kata Mahyudin, pihaknya yakin dapat menuntaskan kasus tersebut, maka dari itu tim Gakkumdu sedang melakukan penelusuran dengan mengumpulkan kesaksian-kesaksian dan juga dari keterangan pelaku untuk mengetahui lebih jauh siapa-siapa yang terlibat, yang kemudian dikaitkan dengan pasal-pasal yang ada.

Kalau tidak terbukti kasus itu dihentikan, tetapi jika memang terbukti maka kita lanjutkan lagi ketahap penyidikan, tukasnya (*)

Tandai: politik,
Fauzan 2007 Artikel

Baca lebih lanjut.

Pendidikan
January 1, 2019 | 997 Orang membaca ini

Other
May 5, 2019 | 119 Orang membaca ini

Ekonomi & Perdagangan
June 6, 2019 | 46 Orang membaca ini

Gaya Hidup
April 4, 2019 | 40 Orang membaca ini

Hiburan
May 5, 2019 | 27 Orang membaca ini