Baubau Keciprat Dana Kelurahan Rp 15,9 Miliar

Peliput: Zul

BAUBAU, BP – Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) mengenai dana kelurahan di Kota Baubau. di aula Kantor Walikota Baubau, Senin (29/04). Terungkap, jika Kota Baubau mendapatkan aloka

Diposting May 5,2019 in Berita & Politik.

Fauzan 2007
34 Teman 68 Orang membaca ini

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kemendagri Drs Syarifuddin MM mengatakan monev dana kelurahan perlu dilakukan karena telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 130/2018. Sebab, alokasi dana kelurahan atau dana tambahan Dana Alokasi Umum (DAU) merupkan dana transfer yang bersifat baru.

Sehingga pemerintah merasa perlu untuk melihat langsung implementasi di lapangan, karena hal ini telah diatur Permendagri no 130/2018, kata Syarifuddin.

Disebutkan, terdapat beberapa daerah yang terlambat mengimplementasikan kebijakan baru ini. Untuk mengantisipasi hal ini terjadi di Kota Baubau, pihaknya melakukan monev. Diharapkan, Kota Baubau dapat mengimplementasikan Permendagri ini dengan baik.

Harapan kami dengan alokasi dana kelurahan bagi kota/kabupaten dapat mendorong percepatan pembangunan di daerah, khususnya program-program kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat, harapnya.

Secara nasional dana kelurahan dialokasikan sebesar Rp 3 triliun, yang diperuntukkan bagi 8 ribu kelurahan. Sementara untuk besarannya bervariasi, tergantung dari kebijakan masing-masing daerah berdasarkan pertimbangan luas wilayah dan jumlah penduduk.

Di tempat yang sama, Walikota Dr AS Tamrin MH mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau telah mempersiapkan alokasi dana kelurahan Rp 15 miliar dari APBD 2019. Dana kelurahan ini menurutnya, merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat dalam mengakomodir kebutuhan masyarakat melalui implementasi Permendagri No 130/2018.

Rp 15 miliar dari DAU tambahan yang terdistribusi di 43 kelurahan, katanya.

Selain itu, dirinya mengingatkan agar seluruh peserta kegiatan dapat mengikuti arahan dari pihak Kemendagri dengan baik. Para peserta agar dapat mengikuti acara dan menyimak, mengingat pentingnya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan dana kelurahan, pintanya.

Pantauan koran ini, kegiatan juga dihadiri Direktur Pelaksanaan Pertangungjawaban Keuangan Kemendagri Bahri SSTP MSi, Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Kemendagri Dr Moch Ardian Noervianto MSi, serta para camat dan lurah se Kota Baubau. (#)

Tandai: pemerintahan,
Fauzan 2007 Artikel

Baca lebih lanjut.

Pendidikan
April 4, 2019 | 73 Orang membaca ini

Gaya Hidup
April 4, 2019 | 65 Orang membaca ini

Pendidikan
January 1, 2019 | 665 Orang membaca ini

Berita & Politik
April 4, 2019 | 29 Orang membaca ini

Pendidikan
May 5, 2019 | 76 Orang membaca ini