Makna ibadah shaum Ramadhan

Bulan Ramadhan Merupakan bulan penuh ampunan

Diposting May 5,2019 in Berita & Politik.

riki86
63 Teman 137 Orang membaca ini

Makna ibadah shaum Ramadhan :

1.Melatih untuk bersyukur
Allah SWT berfirman pada surat Al-Baqarah 186 Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. Demikian pula Allah telah memberikan kepada kita berbagai hidayah secara bertahap, seperti hidayatul ilham (Naluri), hidayatul wasa (panca indra), hidayatul akli (akal), hidayatuddiin (agama), dan hidayatut taufik. Juga dalam surat Ar-Rahman, 31 kali Allah SWT menantang kita dengan fabiayyi aalaa i robbikumaa tukadzdzibaan (maka nikmat-Ku yang mana yang hendak/bisa kau dustakan?). Semua demikian jelas, maka dengan sampainya kita pada bulan Ramadhan, maka kita bersyukur bahwa kita masih diberi waktu oleh Allah SWT untuk menjalankan amal ibadah dengan pahala yang berlipat ganda. Saat berbuka shaum, kita harus merasa bersyukur diberi kenikmatan oleh Allah SWT untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga dengan semua rizki-Nya yang dapat kita nikmati bersama keluarga.

2. Melatih disiplin terhadap waktu
Dalam menjalankan ibadah shaum Ramadhan, kita harus patuh pada waktu sahur dan buka. Kita bangun untuk makan sahur saat dini hari dan diharapkan dapat meningkatkan motivasi bahwa kita bekerja dengan bangun lebih pagi, agar mendapatkan rejeki yang halal. Kaum muslim dan muslimah agar dapat menjalankan shaum dengan tetap kuat dan sehat di siang hari, perlu mengatur ritme bekerja agar tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Hal ini ditunjukkan dengan diubahnya jam kerja di lingkungan Unpad, sehingga para pegawai dapat pulang lebih cepat agar memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan berbuka shaum di bulan Ramadhan.

3. Memberikan keseimbangan dalam kehidupan
Umat muslim dan muslimah pada hakekatnya adalah hamba Allah yang diperintahkan untuk beribadah. Namun demikian, ada kalanya karena kesibukan pekerjaan duniawi dan hawa nafsu, terkadang melupakan kewajiban ibadah. Pada bulan Ramadhan ini, umat musim dan muslimah dilatih untuk mengingat dan melaksanakan seluruh kewajiban beribadah dengan imbalan pahala yang berlipat ganda

4. Mempererat silaturahmi dan meningkatkan kepedulian kepada sesama
Pada bulan Ramadhan rasa persaudaraan sesama muslim, tampak sangat jelas. Silaturahmi antar sesama semakin ditingkatkan, misalnya dengan memberikan tajil berbukashaumdi mesjid secara gratis dan bergiliran. Selanjutnya shalat bersama di mesjid yang juga diisi dengan siraman rokhani serta tadarusan bersama di mesjid maupun di mushala di tempat pekerjaan, seperti halnya pada Kelompok Pengajian Ibu-ibu Keluarga Besar FMIPA Unpad pada jam istirahat, setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

5.Mengetahui bahwa ibadahshaummemiliki tujuan
TujuanshaumRamadhan adalah melatih diri kita agar dapat menghindari dosa-dosa di hari yang lain di luar bulan Ramadhan. Kalau tujuan tercapai makashaumberhasil. Akan tetapi, jika tujuannya gagal makashaumtidak memiliki arti apa-apa. Dengan demikian kita menjadi terbiasa berorientasi kepada tujuan dalam melakukan segala amal ibadah termasuk kegiatan di kampus Unpad sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing untuk menghasilkan kinerja yang baik.

6.Mengetahui bahwa tiap kegiatan mulia merupakan ibadah
Umat muslim dan musliman menyadari bahwa setiap langkah kaki menuju masjid merupakan ibadah, menolong orang juga ibadah, berbuat adil pada manusia juga ibadah, tersenyum pada saudara termasuk ibadah, membuang duri di jalan juga ibadah, sampai tidurnya orang yang berpuasa merupakan ibadah, sehingga segala sesuatu dapat dijadikan ibadah. Demikian halnya dengan bekerja di lingkungan Unpad seusai tugas dan fungsinya dengan baik juga termasuk ibadah. Dengan menjalankan ibadahshaumdiharapkan kita mengetahui bahwa tiap kegiatan merupakan amal ibadah dalam kehidupan ini.

7. Meningkatkan kehati-hatian dalam melaksanakan perbuatan
ShaumRamadhan akan bernilai sempurna dan tidak sia-sia, apabila selain menahan lapar dan haus juga kita menghindari keharaman mata, telinga, perkataan dan perbuatan. Dengan demikian kita harus menjalankannya pada kehidupan keseharian di kampus maupun di lingkungan masyarakat. Latihan ini memberikan kemajuan positif bagi kita, agar setelah selesai bulan Ramadhan kita juga dapat menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan dosa seperti bergunjing, berkata kotor, berbohong, memandang yang dapat menimbulkan dosa, dan lain sebagainya.

8. Melatih diri menjadi lebih tabah
Selamashaumpada bulan Ramadhan, kita dibiasakan menahan yang tidak baik dilakukan. Misalnya tidak boleh marah-marah, berburuk sangka, dan dianjurkan agar bersifat sabar atas segala perbuatan orang lain kepada kita. Misalkan ada orang yang menggunjingkan kita, atau mungkin meruncing pada fitnah, tetapi kita tetap sabar karena kita dalam keadaanshaum. Hal ini hendaknya dapat menjadikan diri lebih tabah tidak hanya saat shaum bulan Ramadhan namun hendaknya tetap sabar dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pegawai Unpad.

9. Melatih hidup sederhana
Ketika waktu berbukashaumtiba, saat minum dan makan sedikit saja, kita telah merasakan nikmatnya makanan yang sedikit tersebut, pikiran kita untuk makan banyak dan bermacam-macam sebetulnya hanya hawa nafsu saja. Oleh karena itu, denganshaumRamadhan kita hendaknya dapat menahan nafsu duniawi .

Uraian makna ibadahshaumbulan Ramadhan di atas, kiranya dapat memberikan pemahaman kepada penulis khususnya dan pembaca umumnya, agar dapat melaksanakan ibadah shaum dengan baik dan tetap melaksanakan kegiatan sebagai pegawai Unpad dengan motivasi yang semakin meningkat agar kinerja yang dihasilkan menjadi lebih baik lagi.

Selamat menjalankan shaum bulan Ramadhan 1415 H. Mohon maaf apabila ada kalimat yang kurang berkenan.

Tandai: ecep supriatna,
riki86 Artikel

Baca lebih lanjut.

Gaya Hidup
April 4, 2019 | 84 Orang membaca ini

Hiburan
April 4, 2019 | 120 Orang membaca ini

Gaya Hidup
April 4, 2019 | 78 Orang membaca ini

Hiburan
May 5, 2019 | 471 Orang membaca ini

Pendidikan
April 4, 2019 | 341 Orang membaca ini