MANFAAT BUAH ALPUKAT

mempelajari 13 manfaat dari buah alpukat

Diposting July 7,2019 in Other.

agus awa
23 Teman 66 Orang membaca ini

1. Meningkatkan kolesterol baik

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ada pada alpukat bermanfaat untukmeningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) danmenurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Meski manfaat buah alpukat bisa didapatkan dari kandungan lemak baik di dalamnya, Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

Alpukat kaya akan sterol tumbuhan, senyawa yang terbukti menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya ke dalam aliran darah. Manfaat alpukat ini juga dikemas dengan vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, magnesium, vitamin C, folat, dan seng. Selain itu, khasiat buah alpukat lainnya juga dipengaruhi karena kandungan potasium di dalamnya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah alpukat terutama orangdewasa yang mengonsumsinya, kemungkinan memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Orang-orang yang mengonsumsi buah alpukat biasanya memiliki pola makan sehat, seperti rajin makan sayuran dan diet rendah gula.

Hal ini berpengaruh kepada kestabilan berat badan, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh. Manfaat alpukat ini juga baik bagi sistem metabolisme tubuh, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

3. Menjaga gula darah tetap stabil

Manfaat buah alpukat berikutnya adalah kemampuannya menstabilkan kadar gula darah untuk membantu melawan resistensi insulin. Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi setengah alpukat saat makan siang dilaporkan merasa kenyang lebih lama, dan keinginan untuk makan lebih sedikit setelahnya.

4.Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa lemak tak jenuh yang ada pada buah alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung lebih baik daripada sekadar menurunkan asupan lemak.

Dengan menerapkan pola makan yang mengutamakan lemak tak jenuh tunggal, hal itu efektif dalam mencegah sindrom metabolik, salah satu faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan masalah jantung dan stroke.

5. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat buah alpukat yang satu ini jarang diketahui banyak orang. Padahal, alpukat berguna untuk memperkuat rambut Anda. Bagaimana cara penggunaanya? Campurkan alpukat yang sudah dikupas denganjojoba oil.

Kemudian, oleskan ke rambut yang baru dicuci secara merata ke seluruh bagian rambut. Tutup kepala Anda denganshower capselama 15-30 menit untuk mendapatkan manfaat alpukat dengan maksimal. Setelah itu bilaslah hingga bersih.

6. Mencegah kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat buah alpukat dipercaya dapat membantu mencegah kanker. Manfaat alpukat di sini bekerja dengan mengurangi efek sampingkemoterapi pada limfosit. Bahkan, penelitian lain mengatakan, ekstrak alpukat terbuktimenghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Namun, perlu diingat bahwa studi ini dilakukan dalam sel terisolasi dan tidak serta merta membuktikan apa yang mungkin terjadi pada manusia.

7. Meringankan gejala arthritis

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gabungan ekstrak alpukat dan minyak kedelai yang disebutAvocado Soybean Unsaponifiables(ASU)dapat mengurangi osteoartritis.Campuran kedua bahan tersebut diklaim mampu mengurangi rasa sakit dan secara umum berdampak positif pada mereka yang mengalami osteoarthritis. Pada akhirnya, manfaat buah alpukat untuk pengobatan adalah kemampuannya mengatasi arthritis hingga kekakuan tulang.

8. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, salah satu asupan yang baik Anda konsumsi adalah buah alpukat. Manfaat buah alpukat yang bisa didapatkan adalah membuat rasa kenyang lebih lama.

Memasukkan alpukat dalam pola diet dapat membantu Anda untuk makan lebih sedikit kalori secara alami dan memudahkan Anda untuk tetap berpegang pada kebiasaan makan yang sehat.

Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan serat yang tinggi dengan kandungan karbohidrat yang rendah, di mana hal ini adalah sesuatu yang baik bagi Anda yang sedang melakukan penurunan berat badan.

9. Meningkatan fungsi kognitif

Menurut sebuah penelitian, manfaat buah alpukat berguna untukmeningkatkan fungsi kognitif pada mereka yang sudah lanjut usia. Konsumsi alpukat akan meningkatkan kadar lutein pada tubuh. Meningkatnya kadar lutein berefek pada meningkatnya kemampuan memori seseorang.

10. Membantu perkembangan otak janin

Manfaat buah alpukat sangat berguna bagi perkembangan otak janin karena kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lemah jenuh nabati di dalamnya. Kandugan asam folat pada alpukat adalah salah nutrisi penting selama kehamilan.

Asam folat berfungsi untukmengatur dan memproduksi jalinan sel baru. Selain itu, asam folat juga dipercaya menurunkan risiko cacat lahir. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 400 mikrogram asam folat tiap harinya. Satu buah alpukat menyediakan sekitar 45 mikrogram asam folat.

Guna mendukung perkembangan otak dan saraf tulang belakangnya, konsumsi alpukat bisa dilakukan sejaktrimester pertama kehamilan.

11. Menjaga kesehatan mata

Khasiat alpukat berguna bagi kesehatan mata karena mengandung antioksidan (lutein dan zeaxanthin) yang kuat. Selain kandungan antioksidan di dalamnya yang tinggi,khasiat buah alpukat juga meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain.

Sebuah studi menunjukkan bahwamanfaat alpukat untuk kesehatan pada akhirnya akan menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula secara drastis, khususnya mereka yang sudah lanjut usia.

12. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Selain kemampuannya menjaga kesehatan mata karena kandungan antioksidannya, manfaat buah alpukat lainnya adalah menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus, dengan meningkatkan bakteri sehat sekaligus mengurangi bakteri tidak sehat.

Selain itu, lemak pada alpukat juga dipercaya menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi kemungkinan sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar.

13. Membantu menyerap nutrisi

Selain memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam pencernaan, Anda juga harus memperhatikan bagaimana nutrisi tersebut dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh.Beberapa nutrisi larut dalam lemak, artinya mereka perlu dikombinasikan dengan lemak lainnya agar tubuh mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Sebuah studi menunjukkan bahwa menambahkan alpukat atau minyak alpukat ke salad dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat. Jadi, tidak hanya alpukat yang bergizi tinggi, alpukat juga dapat berpengaruh besar meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang Anda makan.

Ini adalah alasan yang sangat baik untuk selalu memasukkan sumber lemak sehat ketika Anda mengonsumsi sayuran. Tanpanya, banyak nutrisisayuranyang bermanfaat akan terbuang sia-sia.

agus awa Artikel

Baru

Artikel terbaru dari: agus awa

Populer

Artikel Populer Dari: agus awa

Baca lebih lanjut.

Sejarah & Fakta
May 5, 2019 | 2328 Orang membaca ini

Pendidikan
April 4, 2019 | 162 Orang membaca ini

Other
May 5, 2019 | 117 Orang membaca ini

Olahraga
July 7, 2019 | 41 Orang membaca ini

Rakyat & Bangsa
April 4, 2019 | 320 Orang membaca ini